Apa sih Autoblog dan AGC (Auto Generated Content) itu ?

Auto Genarate Content dan Autoblog

Autoblog dan AGC adalah sebuah trik hitam di mesin pencari Search Engine (Google, Yahoo, Bing, Amazon dan lainnya). Trik ini sangat tidak disukai oleh mesin pencari, dikarenakan isi dari sebuah konten tersebut terkadang membuat pembaca yang ingin mencari informasi akan dibuat berputar-putar ke konten lainnya.


Beberapa contoh konten yang dihasilkan secara otomatis

  • Isi konten diterjemahkan secara otomatis tanpa tinjauan manusia atau dikaji sebelum penerbiatan
  • Isi konten dihasilkan dengan menggunakan otomatis syinonymizing (teknik kebingungan)
  • Isi konten dihasilkan dari RSS Feed atau hasil pencarian sndiri
  • Stitching atau menggabungkan konten dari halaman web yang berbeda tanpa menambahkan nilai-nilai yang memadai
  • Isi konten dihasilkan secara otomatis seperti Rantai Markov (sistem matematika yang mengalami transisi dari satu keadaan ke keadaan lain pada ruang keadaan, bisa dikatakan proses acak)

Pada dasarnya Autoblog dan AGC itu sama. Apakah blog/web yang menggunakan trik ini tanpa campur tangan pemilik termasuk tergolong dalam Autoblog dan AGC. Tidak Juga. Contohnya seperti Wikipedia atau Facebook meskipun terisi sendiri bukanlah sebuah Autoblog atau AGC melainkan User Generated Content (UGC)

Kenapa AGC tidak bisa dihilangkan ?
Karena mesin pencari pun menggunakan cara ini tetapi dengan konsep yang berbeda. Ada dua pengertian penggunaan. Pertama, isi konten secara otomatis tersusun dan dikombinasikan sehingga pembaca dapat menemukan informasi lebih mudah. Sedangkan kedua, seperti yang dipakai tanpa memperdulikan pembaca, berisi konten yang sama persis dengan konten yang berada di blog/web lain bahkan melanggar hak cipta lalu dipublikasikan kembali, bisa dikatakan Copy/Paste atau seperti Spam. Dan mesin pencaripun belum menemukan algoritma yang sempurna untuk menghilangkan trik yang salah ini, oleh sebab itu pada saat kita mengetikan kata kunci, blog/web yang menggunakan trik ini masih dapat kita jumpai, namun blog/web ini tidak akan bertahan lama terindex, karena mesin pencari pasti akan menemukan konten ini lalu men-deindexed (menghilangkan dari mesin pencari).

Cara kerja Autoblog dan AGC
Autoblog dan AGC berasal dari hasil Generated (bisa dikatakan alat pembangkit/pembuat). Contohnya seperti konten yang berasal dari API atau RSS Feed, video berasal dari Youtube, gambar dari Flickr dll. Kemudian mempostkan ke blog/web yang menggunakan trik ini lalu dipublikasikan kembali, kasarnya kita Grab (merebut) lalu diterbitkan.

Umumnya Autoblog dan AGC tidak berpengaruh besar menambah nilai dari konten yang dihasilkan, tergantung dari cara penggunaan. Seperti alkohol yang disalahgunakan akan memabukan dan sebaliknya.

Cara kerja Autoblog/AGC mendapatkan uang dari pengunjung dengan iklan
Dikarenakan Autoblog/AGC sering membuat pengunjung bingung dengan link konten yang didapatkan secara acak, kemungkinan saja ketika mengetikan satu kata kunci yang  muncul dihalaman pertama yaitu konten ini. Ketika mengklik konten tersebut mungkin yang muncul bukanlah artikel yang ingin dicari melainkan artikel yang hanya berkaitan dengan kata kunci tersebut dengan isi iklan yang di tanamkan didalamnya. Nah disinilah blog/web mendapatkan traffic untuk iklan yang dipasangnya, dan semakin banyak konten yang dibuat maka semakin banyak traffic yang didapatkan.

Ingat cara yang tidak terkombinasi tersebut tidak dianjurkan untuk diterapkan dan sekali lagi bahwa konten-konten tersebut tidak akan bertahan lama terindex, karena semua mesin pencari tidak ingin reputasinya jelek dimata pengunjung dengan isi-isi konten seperti itu.

Ada beberapa jenis Auto Generated

Auto Blogged
Plugin ini memanfaatkan fitur RSS Feed, walaupun hanya memunculkan judulnya saja namun dapat menampilkan Full Feed dari kontent tersebut. http://www.autoblogged.com/
Auto Samurai
Plugin ini mampu membuat dalam 21 bahasa. http://www.autoblogsamurai.com/
Blog Sense
Plugin ini tergolong unik dan cocok untuk WordPress Self Hosted maupun Hosted karena didukung banyak fitur. http://www.blogsense-wp.com/
CB Autoblog
Plugin ini support untuk berbagai macam sumber yang akan di grab. http://www.ahyari.net/plugin/cbautoblog
WPe Matico
Plugin ini desediakan geratis namun dengan fitur yang terbatas, jika sudah mencoba kinerja plugin ini, bisa membeli versi fullnya. https://wordpress.org/plugins/wpematico/
WP Robot
Plugin ini dapat mengkombinasikan beberapa hasil dari sumber grab, juga sangat baik berhubungan didalam Amazon dengan niche yang tepat. http://wprobot.net/
Stupid Pie
Plugin ini dipakai untuk WordPress yang dapat menghasilkan konten yang terdiri dari video, gambar dan teks. http://dojo.support/

1 komentar:

Semoga membantu